English
Forums:
Kami percaya bahwa Kurikulum 2013 masih memerlukan banyak masukan di sana-sini untuk bahan perbaikan. Dan tidak ada kata terlambat untuk itu, mari kita diskusikan dengan hati yang jernih untuk perbaikan anak-anak (dan bangsa kita ) masa depan.
Yah mari mulai, dari mana :)
Kita mulai dari esensi KI. Apa yang diharapkan pemerintah dari KI (Kompetensi Inti) apakai Seperti model General Capabilities (GC) nya kurikulum Australia? Kalau kita melihat General Capability di kurikulum Australia dia merupakan cross-subject capability, mirip seperti KI nya kur 2013. Tetapi di sana Basic Competency bukan merupakan anak dari General Capabilities melainkan hubungan many-to-many (kalau di database). Sedangkan KD (Basic Competency) adalah murni per-subject (learning area), jadi kita tidak menemukan "mengamalkan ajaran agama" di KD nya matematika. Nah KI ini (yang lintas subject) yang kemudian dipetakan ke KD-KD yang subject-based.
ini salah satu yang perlu di gambarkan agar jelas
ini kata buku kurikulum
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element)Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).